cara membuat rendang jengkol betawi

cara membuat rendang jengkol betawi  – Rendang adalah satu diantara makanan dari Indonesia yang sudah disadari dunia sebagai makanan terlezat. Memiliki bahan basic daging sapi yang diungkep serta ditambahkan dengan bermacam rempah pilihan jadikan makanan ini begitu enak serta lezat. Tetapi untuk memasak rendang memerlukan saat yang lama.

Saat ini karenanya ada panci presto, memasak rendang tak mengonsumsi saat sepanjang waktu memakai panci umum. Nah dengan panci presto saat menyiapkan rendang untuk hari raya dapat lebih singkat. Yuk kita mulai masak rendang dengan memakai panci presto dari Arisan Mapan.

Nikmati Makanan Tradisional : Rendang yang di kirim oleh ibunda terkasih dari kampung halaman, adalah satu kelebihan yang mengagumkan, siang ini saya rasakan berbarengan junior. Rasa-rasanya tambah lebih maknyus dari rendang-rendang yang dikonsumsi terlebih dulu di perantauan. Mungkin saja lantaran ini rendang dari Bunda serta Nenek terkasih kali ya.

Dengan cara Idul Adha th. ini nenek tengah ada di kampung halaman. Turut kurban seperti umum. Bila di kampung, tiap-tiap keluarga serta yang berkurban bisa jatah daging semuanya. Jatah daging itu agak banyak. Dengan cara beliau mengonsumsi daging paling hanya sebagian potong, terkecuali untuk melindungi darah tingginya tetaplah stabil, pasti akan jemu bila dikonsumsi sendiri.

Pada akhirnya jatah daging kurbannya dimasak rendang, lalu dikirim ke cucu terkasih. Junior begitu suka demikian terima paket kiriman rendang. Segera minta makan. Sesudah nikmati rendang buatan neneknya, spontan junior berucap, ”Terima kasih, Nek. Rendangnya enak sekali, lain dengan rendang buatan mama” 😛.

Mungkin saja lantaran memasaknya memanglah diniatkan untuk cucunya, rendangnya tidak demikian pedas, cocok untuk ukuran junior. Kurang pedas buat lidah emaknya. Namun tetaplah mantap di lidah Sumatera 🙂.

RendangRendang adalah makanan tradisional Sumatera Barat. Biasanya memiliki bahan basic daging, saat ini telah banyak type rendang yang lain, seperti rendang belut, rendang lokan, rendang pakis dan lain-lain. Dimasak dengan kombinasi santan serta rempah-rempah yang lain dengan api kecil sepanjang berjam-jam. Dapat tahan berminggu-minggu tanpa ada bahan pengawet.

Langkah memasak rendang dipengaruhi oleh rutinitas semasing daerah di Sumatera Barat. Tangan yang telah punya kebiasaan memasak rendang dengan yang memasak cuma sekali-sekali saja, akhirnya tentunya tidak sama. Meskipun ukuran bumbu yang dipakai persis sama. Kesabaran dalam sistem pengapian juga begitu memastikan cita rasa rendang yang di hasilkan.

Bahan serta Langkah Memasak Rendang Daging Sapi biasanya.

Bahan : Daging Sapi 1 Kg, Kelapa agak tua 3 butir (parut, ambillah santannya)
Bumbu : Serai 1 batang, Daun Kunyit 1 lembar, Daun jeruk Purut 4 lembar.
Bumbu yang dihaluskan : Bawang merah 50gr, Bawang putih 1 sdm, Cabe merah keriting 200gr, Jahe 2 sdm, Lengkuas 2 ruas jari, Pala 1/4 butir, Ketumbar 1 sdt, Bunga lawang 4 keping, Cengkeh 2 buah, Kemiri 2 butir, Garam seperlunya.

Langkah Memasak :

Daging yang telah di bersihkan, di potong sesuai sama selera.
Untuk dua semuanya bumbu serta bumbu yang di haluskan. Satu sisi digabung santan. Satu sisi di campur ke daging.
Ungkap daging dengan api kecil, hingga air bawaan dagingnya kering.
Masak santan yang telah berbumbu dengan api kecil, jagalah jangan pernah pecah.
Sesudah santan masak yang ditandai karenanya ada bintik-bintik minyak di bagian tepi wajan, masukan daging yang telah di ungkap.
Aduk sekali-sekali agar santan serta bumbu tidak lengket di wajan.
Masak hingga santan kering jadi bumbu serta berminyak, meresap ke daging.
Rendang yang telah berwarna coklat kehitaman siap untuk disantap.
Sistem pengapian rendang ini sekurang-kurangnya mengonsumsi saat 4 jam.

Lumrah saja rendang tahan lama, dengan cara sistem memasaknya membutuhkan kesabaran serta sistem yang cukup lama.

Apa Rahasia Rendang yang dimasak di Ranah Minang segera? Mengapa cita rasa yang dibuat tidak sama dengan yang dimasak di luar daerah itu. Terutama ketidaksamaan cita rasa itu bakal begitu dirasa oleh orang Minang asli. Walaupun juru masak rendangnya sama.

Kata ibu saya serta orang-tua yang lain, rahasianya terdapat pada kelapa (karambia) yang dipakai. Bila kelapa yang digunakan untuk memasak rendang yaitu kelapa dari tanah Minang. Bentuk, cita rasa rendang yang dibuat bakal nyaris serupa, tidak tidak sama jauh.

Selamat coba, mempraktekkan bikin rendang sendiri dirumah. Mudah-mudahan sukses serta dapat nikmati makanan tradisional rendang khas Sumatera Barat ini. Tidak butuh kuatir bila memiliki bentuk cuma serupa, yang utama pas di lidah yang mencicipinya 🙂.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.