Urus Putranya Sendiri, Dahlia Poland Curhat: Sampai Mau Nangis

Menjadi ibu rumah-tangga dengan 3 anak (Keona 5thn, Kelana 3. 5thn serta Kai 1. 5thn) serta sekarang ini lagi hamil anak ke4 (5 bulan), keseharian saya mengatur anak-anak serta rumah tangga tanpa pertolongan dari pengasuh atau pembantu full time. Sangat banyak yang menyukai menanyakan pada saya “How do you manage to survive each day? ”. Pertanyaan itupun terkadang masih tetap kerap saya tanyakanlah pada sendiri. Karena jujur saja, saya tidak mempunyai teori-teori atau trick special untuk melakukan kegiatan rutin saya keseharian. I just live with it. Tetapi di tempat ini saya akan coba mengurutkan kegiatan rutin harian saya, serta mungkin saja dikit share sejumlah panduan untuk kurangi “drama” didalam sehari-harinya saya.

Urus Putranya Sendiri, Dahlia Poland Curhat: Sampai Mau Nangis
Saya ingin share pengalaman dikit tentang kehamilan ke-2, nih. Sesaat lagi saya bisa menjadi ibu dari 2 anak, yakni si Koko yang baru berumur 16 bulan serta di bayi yang masih tetap dinanti ‘launcing’-nya cocok Hari Natal kelak.

Dag dig dug ya menanti proses kelahiran yang tidak juga bakal normal atau Caesar. Yang saya berharap sich saat ini dapat melahirkan dengan selamat saja. Tetapi yang ingin saya ulas bukan proses kelahirannya, tetapi pengalaman saya mengatur si Koko sepanjang hamil.

Saya termasuk juga full time mommy, yang semua sesuatunya ditangani sendiri sejak si Koko lahir. Jadi, saya tidak sempat sekalinya menggunakan layanan nanny atau asisten rumah tangga (ART). Apalagi sejak geser jauh dari kampung halaman ke kota besar karena mesti turut suami bekerja, semuanya beralih keseluruhan.
Kegiatan rutin pagi
Yes, I’m a morning person. Saya telah terlatih bangun serta bekerja pada pagi hari dari zaman saya kuliah, serta saat masih tetap kerja full time di kantor. Sesudah jadi ibu rumah-tangga, saya sudah sempat memanjakan diri dengan bermalas-malasan pada pagi hari. Tetapi nyatanya itu membuat hari saya berantakan.. haha. Jadi saya masih bangun jam 4. 30 pagi untuk sholat Subuh serta secara langsung masuk dapur. Saya mempersiapkan sarapan serta bekal sekolah Keona, serta untuk makanan hari itu. Sesudah semua siap, saya menyetrika kostum serta menyiapkan kepentingan sekolah. Kurang lebih jam 6 Kai bangun serta secara langsung sarapan bersama dengan saya. Mujur saya mengaplikasikan BLW dari pertama Kai MPASI jadi saya tak perlu ribet nyuapin atau memaksa dia makan. Setelah itu saya bermain sesaat bersama dengan Kai, atau ajak dia jalan-jalan ke tukang sayur, intinya membawa dia bekerja pagi untuk bangun mood-nya supaya dia lebih enak untuk ditinggal-tinggal.

Keona serta Kelana umumnya baru bangun seputar jam 7 pagi, Keona secara langsung mandi serta bersiap-siap sendiri sesaat Kelana umumnya secara langsung memohon sarapan. Jam 7. 30 Keona pergi sekolah diantar ayah atau kakeknya, serta saya lanjut memandikan Kelana serta Kai. Setelah mandi saya memberi mereka mainan (dapat apa, termasuk juga sensory play) serta membiarkan mereka bermain sendiri sesaat saya lanjut memasak disambi dengan membersihkan pakaian serta membereskan kamar, lantas mandi. Masalah menyapu serta mengepel rumah umumnya dibantu oleh suami saya, mujur karena dia bukan pekerja kantoran jadi dapat pergi agak siang. Tapi bila dia mesti pergi pagi, sangat terpaksa masalah bersihkan rumah saya menunda hingga sampai siang saat anak-anak tidur. Seputar jam 10 atau 11 saya temani Kai tidur, sesaat Kelana masih tetap lanjut bermain sendiri atau kadang turut saya ke kamar untuk membaca buku atau flash card, utamanya mainan yang tidak kotor serta berisik. Waktu ini dapat saya pakai untuk bersantai sesaat sekalian quality time bersama dengan Kelana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.